Mengenal Microsoft Excel 2003

Langkah – Langkah Mengaktifkan Microsoft Excel

Cara I
- Klik tombol Start kemudian pilih All Programs
- Klik / sorot Microsoft Office pilih Microsoft Office Excel 2003,

atau

- Double Klik Pada shortcut Ms. Excel
- Tekan Enter, kemudian Muncul Tampilan Ms. Excel


1. Mengenal Tampilan Ms. Excel 2003


Gambar. 01


2. Bekerja dengan Workbook dan Worksheet
Ms. Excel terdiri dari buku kerja (workbook), workbook berisi beberapa lembar woorkseet. Sedangkan worksheet dapat diibaratkan sebagai satu lembar kertas yang sangat lebar, satu file berisi satu workbook.

A. WORKSEET
Terdiri atas :
Kolom : Kolom A sampai dengan IV
Baris : 1 s/d 65536
Cell : Pertemuan antara Baris dan Kolom
  Contoh : cell A1 (kolom A, Baris 1)
Pointer : Penunjuk sel
Range : Kumpulan beberapa Cell
  Contoh : cell A1:A10 ( terdiri dari cell A1 s/d A10 )

B. Jenis Data Pada Excel
Data teks : data yang tidak mengandung nilai biasanya diawali:
Abjad ( a-z, A-Z, (, ), *, ^, %, $, &,” )
‘ (petik tunggal)
Data Angka : data berupa angka tertentu dan tidak terdapat operasi matematika
Data Rumus : data yang diawali dengan tanda = (sama dengan)

C. Memindahkan penunjuk sel / gerakan pointer
Tombol Panah : bergerak antar sel
PgUp/PgDn : menggulung satu layer keatas/bawah
Home : kembali ke kolom A pada baris yang sama
Ctrl +Home : kembali ke kolom A1
Dan masih banyak sekali tombol – tombol yang lainnya…


D. Bekerja dengan cell
Memperbaiki kesalahan pengetikan dapat dilakukan dengan dua cara:
- Tekan F2 pada sel yang akan diperbaiki, kemudian lakukan perbaikan.
- Letakan pointer sel pada sel yang akan diperbaiki, kemudian ketik ulang pada yang salah tadi.
- Letakan pointer pada sel yang akan diperbaiki, klik pada formula bar, kemuadian perbaiki.

Menghapus isi sel
- Tekan delete pada sel yang akan dihapus
- Klik kanan pada sel kemudian klik kanan pilih clear contents (gambar 02)

Gambar 02


Copy cell ke cell lain
- Klik cell yang akan dicopy, tempatkan pointer mouse pada kotak kecil pada ujung kanan bawah sel, kemudian drag kebawah.( langkah ini juga berlaku untuk mengkopi hasil rumus )
- Klik cell yang akan dicopy, klik kanan pilih Copy, pindahkan ke alamat sel yang diinginkan klik Paste

- Memasukan serangkaian Data
Yang dimaksud serangkaian data adalah sejumlah data umum yang berurutan misalnya : angka, bulan, tahun dan bisa juga sederetan angka berdasarkan contoh yang ada secara otomatis. Dengan menggunakan custom list. Contoh membat urutan bilangan 1, 2 dst
Ketik angka 1 tekan enter
Ketik angka 2 tekan enter, blog kedua bilangan tersebut kemudian dengan menggunakan fill handle drag kebawah

- Membuat costum list
Costum list adalah sederetan data yang belum dikenal Ms. Excel misal urutan nama hari dalam bahasa Indonesia.
Caranya :
- Ketik sederetan data yang akan dijadikan costum list
Senin
Selasa


Minggu
*) langkah diatas dapat juga diketik pada menu dialog costum list pada kolom list entries

- Blok data tersebut diatas
- Pilih menu Tools, kemudian klik Option
- Klik Costum lists seperti gambar. 04
- Pilih Import
- Pilih Add setelah selesai menginput data melalui list entries
- Klik Ok

Gambar 03

- Menyisipkan range / sel
- Sorot range atau sel yang akan digeser
- Klik kanan pilih insert

- Menghapus range / sel
- Sorot range atau sel yang akan dihapus
- Klik kanan pilih delete
- Memformat / menempatkan posisi teks pada cell
- Blok sel atau range yang akan diatur posisinya
- Pilih menu format kemudian pilih cells
- Kemudian muncul menu dialog seperti gambar. 04
- Pilih Alignment

Gambar 04
Horizontal : Mengatur posisi data / teks secara horizontal
Vertical : Mengatur posisi data / teks secara vertical
Orientation : Mengatur orientasi data dan derajat posisi kemiringan
Text control : Mengatur posisi data terhadap sel atau rangenya

E. KOLOM DAN BARIS

- Merubah lebar kolom satu atau beberapa kolom
- Sorot sejumlah kolom
- Pilih menu format, pilih column ( lihat gambar 05 )
Widt : dengan lebar tertentu
Auto fit selection : berdasarkan isi pada sel paling lebar
Standard Width : berdasarkan lebar standar
Hide : menyembunyikan kolom
Unhide : menampilkan kolom

Langkah diatas bisa juga diganti dengan yang lebih mudah, letakan pointer mouse pada garis batas antara kolom yang akan diperkecil/diperlebar kemudian drag kekanan, kekilri. Atau juga double klik langsung.

- Menyisipkan kolom
- Sorot satu atau beberapa kolom
- Klik kanan kemudian insert

- Menghapus kolom
- Sorot satu atau beberapa kolom
- Klik kanan kemudian delete
Gambar. 05

- Merubah lebar, menyisipkan, menghapus dan menyembunyikan baris satu atau beberapa baris pada prinsipnya sama dengan perintah/langkah-langkah pada kolom.


F. WORKBOOK
File excel disebut karena dalam satu file dapat berisi lebih dari satu worksheet, setiap worksheet didalam excel secara default deberi nama sheet1, sheet2 dst. Kita juga dapat mengganti, memberi warna, mengatur penempatan, bahkan menyembunyikannya.

1. Mengganti nama worksheet
Ada tiga cara untuk mengganti nama sheet:
- Doble klik pada sheet yang akan diganti kemudian ganti nama baru
- Sorot sheet yang akan diganti, kemudian klik kanan pilih rename
- Pilih menu format, pilih sheet, klik rename
Silahkan pilih cara yang paling mudah..
2. Memberi warna worksheet
Ada dua cara untuk memberi warna pad asheet
- Sorot sheet yang akan diganti warna, kemudian klik kanan pilih Tab Color
- Pilih menu format, pilih sheet, Tab color
3. Mengatur penempatan/urutan shet
- Tempatkan pointer mouse pada sheet, kemudian drag sesuai dengan keinginan anda.
4. Menyembunyikan dan menampilakan worksheet
Ada 2 cara untuk menyembunyikan dan menampilkan sheet
- Sorot sheet yang akan disembunyikan, kemudian klik kanan pilih hide, untuk menampilkan pilih Un Hide.
- Pilih menu format, pilih shet, hide dan un_hide untuk menampilkan.
5. Membuat Background pada sheet
- Sorot menu format, pilih sheet klik background


Gambar. 06


3. Membuat Rumus – Rumus Sederhan

Perhitungan dalam worksheet dapat dilakukan hanya dengan menulis rumus dalam sebuah sel. Apabila rumus yang dibuat lebih banyak dapat dilakukan dengan menyalin sebuah sel rumus ke sel yang lain, untuk tujuan tersebut kita harus membuat sebuah rumus satu saja supaya apabila dicopy memberikan hasil yang benar.

Ingat… Ingat…!!!
“RUMUS DALAM EXCEL SELALU DIAWALI TANDA = ( sama dengan )”
“PENGETIKAN RUMUS DAPAT DIKETIK PADA SEL ATAU PADA FORMULA BAR”
“PEMBUATAN RUMUS BISA JUGA MENGGUNAKAN MENU INSERT → Function”


Contoh sebuah rumus :
=10*5 ( sebuah rumus tetapi tidak bisa dicopy)
=A2*5 (sebuah rumus dan bisa dicopy )

A. OPERATOR DALAM RUMUS

1. Operator Matematika
 * : Perkalian
 ^ : Pangkat
 / : Pembagian
 + : Tambah
 - : Pengurangan
2. Operator Logika
= : sama dengan
<> : Tidak sama dengan
< : Lebih Kecil <= : Kurang dari sama dengan >= : Lebih dari sama dengan 

B. Sifat Alamat sel dalam rumus
1. Relatif : Apabila dicopy akan berubah sesuai posisi kolom dan baris
2. Absolut : Apabila dicopy tetap



Sekian :)

0 komentar:

Posting Komentar