Cerita Mudik

 
Assalamualaikum...

Dear diary,
Udah seminggu yah (ya seminggu) gue ga posting sesuatu di blog gue ini.
And now, I’m back dengan membawa segudang cerita. Gue mau berbagi cerita semua yang gue alamin. Ya semuanya. Gue mohon maaf kalo postingan kali ini amat panjang dan kurang bermutu. – dan gue (masih) ga peduli postingan gue ada yang baca apa engga. Gue ga peduli. Sama sekali ga peduli. –

*#nowplaying Padi – Akhir Dunia (sambil dengerin lagu suram)*

Mudik
Sebuah ritual saat lebaran di keluarga gue adalah mudik. (Sepertinya keluarga yang lainpun begitu). Seperti tahun-tahun sebelumnya kita mudik ke Bandung, ke rumah nenek (Ibu dari bokap gue). Disana merupakan tempat tumplek-nya sodara2 gue dari daerah lain (yang tersebar se-Indonesia) untuk bersilaturahim (setelah gue nonton PPT ternyata yang bener itu silaturahim, bukan silaturahmi).
Di hari Rabu (lebaran versi pemerintah) setelah shalat ‘Id, silaturahim dengan sanak famili, kerabat terdekat, tetangga deket rumah dan makan ketupat, sekitar jam 10 pagi kita berangkat ke Bandung.
Begitu masuk jalan raya ternyata...macetnya berlebih. Gue rada curiga, ga kayak biasanya (seperti hari lebaran biasanya, red) jalanan macet banget kayak ginih.
Gue ga tau kenapa? Gue beneran ga tau! *males berargumentasi*

Di saat kondisi seperti ini, mau ga mau, senang tidak senang para pengguna jalan harus berjuang ekstra sabar ditengah kemacetan yang semakin menindas dan panas dari terik matahari yang semakin menjadi-jadi.
Tau ga? Rasanya tuh kayak... kayak... ummm, kayak apa yahh??
Oh iya rasanya tuh kayak terjebak macet, kepanasan di dalem mobil di saat lebaran pula, gituh.

Kali ini yang bertugas sebagai driver adalah ade gue. Sementara gue duduk manis memantau perjalanan (sambil kegerahan dan makan kacang goreng).

Oh iya, (baru) ada dua orang yang berperan jadi sopir di keluarga, gue dan ade gue yang sekarang menginjak kelas 2 SMA. Bokap gue ga bisa nyetir.
Tapi porsi ade gue sekarang lebih banyak (jangan tanya kenapa). Gue mah cuman pelapis aja. Kalo dalam sepak bola ada istilah “mengandalkan pemain muda”, ituh.

Ibu gue bawel
Ibu gue. Ibu yang mengandung gue 7 bulan (gue rada prematur) merawat dan membesarkan gue dengan tulus, penuh cinta dan kasih sayang.
Orang2 seolah ga percaya kalo dia ibu gue di usianya yang sudah memasuki kepala 4, ibu gue masih cantik (pada dasarnya beneran cantik, lo bisa mengukur dari kegantengan gue sebagai anaknya).
Sampai sekarang masih banyak yang naksir loh. Sori gue ga bisa ngasih liat poto emak gue, takut diantara kalian ada yang kesengsem. Gue ga rela emak gue jadi rebutan.
Tapi bukan itu yang pengen gue bahas disini.
Tuhan menganugerahkan wanita dengan sifatnya yang bawel. Perlu gue tegaskan wanita itu adalah makluk yang bawel. But, hal itu normal dan bikin wanita jadi tampak lebih sexy.

Beruntung cuman ada satu wanita di keluarga gue. Yaitu ibu gue.
Beliau ga jauh berbeda dengan wanita pada umumnya. Bawel.

Kalo uda ngomong atau ngomel, durasi yang diperlukan hampir sama dengan waktu yang diperlukan untuk memutar habis satu album Padi.
Beuhhh...
Termasuk hal yang satu ini. Tiap kali anaknya bawa mobil pasti ibu gue... bawel (dan ikutan makan kacang goreng bareng gue).
Apa-apa dikomentarin. Dikit-dikit dicerewetin. Harus gue akuin emang niatnya bae sih. Gue pengen banget ngomong
“Plis deh Mah... Kita ini uda gede. Kita uda faham. Ga usah lebay...” (ga pake tanda seru, takut ga sopan)

Huffff .... << gaya yang suka di praktekkan anak alay yang kekurangan ASI di masa kecil dan ekspresinya mirip orang sedang membuang kentut diam-diam.

Nih ya asal tau ajah... kalo sopir diginiin terus, psikisnya bakalan tertekan. Jiwa jomblo yang kering haus akan kasih sayang jadi ga tenang dan bawanya emosian melulu, marah-marah melulu, cemburut melulu. Ahh Damn!
Tapi...hanya ada jurus ampuh untuk melawan itu, sabar.

“Maahh, ga ada maksud buat ngomongin mamah di belakang ko. It’s doesn’t mean to hurt you, Mom... Aku sayang mamaahh. Muaahh :*
Juga do’ain anakmu ini agar secepatnya menemukan arti hidup (baca: punya pacar) ya Mah...Amin

*Yak.. Lanjut ngetik dan #nowplaying Padi – Menanti sebuah jawaban*

Oke sampai mana tadi???
Oh iya gue belum ceritain sampe kelar yah cerita mudik gue. Sebelum lo lanjutin baca cerita gue, ada baiknya lo lemesin dulu otot leher, kencing dulu dan ambil air minum (bukan air kencing). Rileks!

Oke lanjut yah?!
Diluar dugaan, sampe rumah nenek gue (ya jelas, di Bandung) yaitu jam 5 sore kurang dikit. Itu artinya kita menghabiskan perjalanan selama 7 jam! (perjalanan normal ditempuh hanya dengan waktu rata-rata 3 jam)
Eebusyeettt....
Gue ga tau kenapa? Gue beneran ga tau! *males mengkritisi*

Kumpul bersama sanak family
Sebuah momen untuk berkumpul bersama keluarga besar secara rutin tiap tahunnya adalah saat lebaran (lebaran Idul Fitri, red).

Oh iya, kata lebaran sangat menarik untuk sedikit gue singgung.
Sehabis lebaran biasanya bikin orang jadi tambah.... tambah... tambah ganteng.
Oh bukan... gue kali ini serius. Sehabis lebaran biasanya badan jadi tambah lebaran. (Kata lebaran kedua, huruf ‘e’ nya dibaca seperti membaca kata lele)
Di hari lebaran (huruf ‘e’ nya dibaca seperti membaca kata lembut) makanan biasanya melimpah ruah dan sangat menggoda. Makanan dari daerah masing-masing, kumpul di satu tempat. Tiap mau makan gue malah bingung. Ga jelas temanya apa.

Oke gue yakin lo belum ngerti maksud gue. Biar sedikit gue beri ilustrasi.
Misalnya gini... dalam satu waktu bersamaan di tempat yang sama, Anda dihadapkan dengan makanan yang bervariasi nasi dan ketupat. Rendang dan ikan asin. Kerupuk dan kentang belado. Dan lain sebagainya. (duh gue jadi laper)
Jadi teu puguh (ga jelas, red) bukan?! Mau pilih yang mana? Asli gue bimbang... terpaksa gue hajar semuanya.

Alhasil, hanya dalam dua hari dengan pola makan yang seperti itu, badan gue mendadak menyaingi tabung gas 12 kilo, terutama di bagian perut. Tambun.
Butuh olah raga untuk mengembalikan tubuh gue yang aduhay.

Back to the topic!
Gue agak sedikit kaget dengan sepupu-sepupu gue yang dalam satu tahun ini baru ketemu. Mereka telah bermutasi menjadi manusia-manusia baru.
Eh, mutasi? Kayaknya istilah mutasi sebaiknya kita rubah. Ga cocok. Istilah mutasi lebih tepatnya diperuntukkan bagi makhluk laboratorium yang berubah menjadi sangat seram dan kemudian melakukan hal-hal keji terhadap profesornya. Seperti mencabik-cabik tubuh sang korban dan memutilasi hingga 47 bagian dan menyimpannya dalam freezer.

Hummm... kalo gitu apa yah?? *mikir*
Oke, tranformasi...
Cerdas!
Mereka telah bertranformasi menjadi manusia-manusia baru. (agak keren tampaknya)
Gue pangling.
Lebaran tahun kemarin, gue menemukan mereka (sepupu-sepupu gue) masih pada kecil-kecil, unyu-unyuh dan ngegemesin. Tapi sekarang... (ga perlu gue jelasin)

*Backsound : Geisya – cinta dan benci*

THR
Hal yang dinanti-nanti hampir semua orang saat lebaran tiba. THR, yang merupakan singkatan dari Tunjangan Hari Raya (hal yang sebenarnya ga perlu gue jelasin karena kebanyakan orang uda tau).
Tahun ini, gue harus bersikap legowo. Wait... Jangan harap gue bisa jelasin legowo artinya apaan, gue juga ga tau. Tapi coba deh lo pake kalimat itu, kesannya keren gitu.
Ga banyak yang ngasih THR ke gue. Mengingat usia gue yang ekhemm... sudah cukup matang. Yang ada malah sebaliknya, gue diperas oleh para sepupu-sepupu gue yang masih kecil kayak upil bau anyir.
Dengan entengnya bocah pentil tersebut berkata :
          “THR dari Mas Arif belum, hayoo dongg mana Mas? Mas Arif kan uda kerja...”

What...kerja?? Dapet kabar dari mana mereka? Wah penyesatan nih! Kecil-kecil udah ijo gitu ama duit....

Tau ga... Ini beban buat gue. Beban!!
Gue memang kuliah nyambil kerja sana-sini tapi itu hanya cukup untuk menyambung hidup gue sebagai anak kost. Plis deh... #curcol

"Sebagai manusia planet bumi, gue merasa belum berhasil."

Tapi gue teringat kata-kata motivasi yang sering gue baca, bahwa kita harus optimis dalam segala kondisi dan ajaibnya seketika itu gue berhasil bangkit dari keterpurukan and say...
“InsyaAllah yah Mas Arif baru bisa ngasih THRnya tahun depan, do’ain yaah... :)” *cubit pipi satu-satu, yang kenceng*

*Masih sambil ngetik dan #nowplaying Gigi – Jomblo*

Pertanyaan yang bikin gusar
Yang gue takut-takutin –saat temu keluarga seperti ini- akhirnya kejadian juga.
Sepele sih cuma dikasih pertanyaan doang.
Kalo gue ditanya gimana kuliah? Gue jawab : Alhamdulillah lancar.
Kalo gue ditanya kapan lulus? Gue jawab: InsyaAllah 4 semester lagi.
Nah giliran ditanya kayak begini:
“Mas Arif sekarang pacarnya orang mana??
          “............”
*kriikk

Speechless... Tersenyum kecut... Nyelekit...

Gue udah nggak tau lagi mau ngomong apa. Gue pun terus galau dan ngebatin. Berharap Maddi Jane jadi cewek gue. #jomblongenes

*bentar, ganti backsound: Glenn Fredly – Sedih Tak Berujung*

Nggak cukup sekali. Pertanyaan yang hampir serupa namun dengan nada yang berbeda kembali terlontar. Pertanyaan itu keluar saat semua berkumpul di ruang keluarga.
Kali ini gue bisa menjawab, dengan terbata-bata gue bilang :
“Hmm... pacar?? tapi masih nungguin yang masih sekolah....”

Semua menghentikan aktivitasnya dan menoleh ke arah dengan penuh kecurigaan. Termasuk ibu gue.
Suasana jadi hening dan lima detik setelah itu disambung dengan penuh komentar-komentar yang.... aneh.
Salahkah gue?? I think NO!
Saat itu juga sifat pedofil gue secara tidak sengaja terbongkar. (Sejujurnya gue ga pedofil sih cuman masih suka ama anak sekolah aja)

Gara-gara perkataan yang keluar dari mulut gue itu ibu gue jadi kepancing buat bicara serius soal hal ini. Perbincangan yang cukup panjang pun terjadi sewaktu perjalanan pulang.
Finally, (kayaknya) gue dapet sinyal diperbolehkan untuk berpacaran (syarat dan ketentuan berlaku), meskipun dengan....... anak sekolah! -____- *Nunduk lesu, bingung*

“Plis deh mah, kemaren kan cuman bercanda...”


Udahan yah curhatnya. Kalo kebanyakan nulis di sini kapan gue dapet pacar???

Bener kata orang, tampang ganteng ngga ngejamin bisa pacaran!

Dalem....

Wassalam

0 komentar:

Posting Komentar