Tugas KAP : Perbedaan Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal



Menurut pengertian yang saya fahami, komunikasi adalah proses penyampaian informasi baik secara verbal maupun nonverbal antara dua orang atau lebih melalui suatu media.
Adapun mengenai Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal . Ada perbedaan mendasar dari kata yang mengawali kata personal yaitu intra dan inter.
Mari kita telaah perbedaannya.
Terlebih dahulu kita definisikan kata personal. Personal biasa kita fahami sebagai pengertian lain dari kata individu, pribadi atau diri sendiri.
Intra menurut bahasa artinya di dalam. Singkat kata komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi di dalam diri seseorang dengan dirinya pribadi. Hal ini dimaksudkan seseorang untuk mengenal kepribadian dirinya secara mendalam dan juga berfungsi untuk meningkatkan kesadaran dalam dirinya. Ketika seseorang melakukan komunikasi intrapersonal, pada saat itu dia sedang terlibat aktif dalam memproses balik (feedback) informasi-informasi yang ada dirinya. Contoh dari komunikasi intrapersonal adalah berimajinasi, berkhayal, berdoa dan bersyukur.
Sedangkan inter menurut bahasa memiliki arti di luar. Jadi dapat dijelaskan komunikasi intrapersonal adalah komunikasi yang terjadi antara seseorang dengan luar dirinya. Dengan kata lain, komunikasi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain. Jadi untuk mendapatkan feedback, harus ada pihak lain (orang lain) yang terlibat aktif dalam komunikasi ini.  Contoh dari komunikasi interpersonal adalah wawancara, pidato, mengorol dan mengajar.
Namun Komunikasi Intrapersonal dan Interpersonal bisa berarti luas dan dapat diaplikasikan ke ranah organisasi. Komunikasi Intrapersonal dapat berarti komunikasi internal yang berfokus dalam organisasi tersebut dan pengambilan keputusannya hanya akan membawa dampak bagi organisasi itu. Sedangkan Komunikasi Interpersonal yaitu komunikasi yang melibatkan satu pihak dengan pihak yang lain dalam suatu organisasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.

3 komentar:

Unknown mengatakan...

thanks for the info, it means a lot for me :)

Unknown mengatakan...

Trimakasih penjelasannya,membantu sekali untuk saya dalam memberikan penilaian terhadap anak didik saya

Unknown mengatakan...

Maturnuwun

Posting Komentar