Cerita Panjang di Hari ke-3 Puasa

Hari ke-3 puasa lemes banget! Bukan ngeluh lo ya, tapi beneran lemes. Kelar subuh aja, gue terpaksa tumbang diatas kasur. Beneran kena flu!
Yang bikin gue panik, pas chating si yudis bilang “mending lo cek ke dokter dah cui, takutnya cikungunya bla..bla..bla...
Ah damn! penyakit apa pula itu, nama yang aneh sekaligus menyeramkan. Amit-amit deh! Gue yakin ko ini flu biasa, bentar lagi juga sembuh*sambil menamkan sugesti*

Ke kampus
Hari ini adalah kali pertama gue ke kampus di bulan puasa ini. Suasana kampus jauh lebih sepi, tenang, suram, menyeramkan daripada biasanya, walopun aktivitas di bagian akademik fakultas masih berjalan kayak biasa.
Terlihat beberapa gelintir mahasiswa ‘veteran’ masih berjuang untuk sidang skripsi *cuci gudang*, termasuk beberapa senior gue di DeeS. Gue liat mereka lagi duduk-duduk santai di lobi bawah deket sekret sambil ngopi ngobrol seru.
Tujuan gue ke kampus pertama, gue diminta temen pengurus DeeS untuk mendampingi *preet!* rapat persiapan propesa (ospek, red).
Janji jam 1 buat kumpul. Setelah ditunggu sampe jam 2, anak-anak banyak yang ga dateng. Pada males kali yah bocah-bocahnya. Sampai akhirnya rapat di-cancel! Nice!
Hal ini sudah terbiasa, ga ada lagi istilah jam karet, yang ada sekarang adalah jam rusak!
Kedua, liat pengumuman peminatan di jurusan.
Bareng 2 temen gue wahyu dan kharis, kita ke lantai 3.
Di papan pengumuman, nama gue masuk daftar peminatan SIK. *Gue masuk SIK men!* Begitupun dengan 2 temen gue yang ini.

SIK singkatan dari Sistem Informasi Koorporasi. Bagi yang belum tau SIK, sebaiknya gogling aja! hehe
Gue perhatiin, yang masuk SIK sampe 70 orang ! Sampe kepecah 2 kelas Weleh-weleh, favorit juga ternyata yee SIK ini!

Bagaimana perasaan Sodara ketika diterima di SIK?” suara gaib bertanya.
Gue : “Seneng, tapi dari awal juga gue uda menduga bakalan masuk SIK. -,-
Dan khawatir, dosennya killer-killer! *halah gosip itu! haha*

Suara gaib “Oiya? Lantas bagaimana sikap Sodara??”
”Ya, kabar burungnya sih memang demikian. Tapi tak apalah, buat gue ini adalah sebuah tantangan!

Ada yang galau
Di bulan puasa ini, gue menemukan banyak dari umat yang sedang terperosok ke dalam jurang kegalauan.
Diantaranya 2 temen deket gue.

Pertama : Isra alias Achi, wanita, usia 19 tahun, WNI asal ciputat, suka terhadap kucing garong. Dia temen cewek terdekat gue, sobat gue, karena gue ga punya sodara cewek jadi udah gue anggep kayak sodara sendiri, dia selalu mengisi hari-hari gue di kampus *cieilah*. Belakangan ini dia mengidap galau akut. Entah stadium berapa, pastinya kalo kumat sangat mengerikan!
Dari kegalauannya, gue menebak dia sedang menggalaukan seseorang, yang dia sebut “tuan ganteng”, yaitu .... *ga usah dibahas deh, tar salah lagi!*

Kedua: Angga BP, pria, usia tidak diketahui, atlet sepak bola. Dia temen deket dan sepergalauan gue. Ga aneh lagi kalo ngeliat dia galau, udah sangat biasa dan lumrah. Dari ciri-ciri galau yang ada, tebakan gue dia menggalaukan orang di atas *ups* Dari dulu emang! Haha
Mereka berdua adalah tempat curhat gue, terutama masalah yang ‘urgent’ dalam hidup gue. Jangan salah lo ya, cowok juga suka curhat-curhatan #duniacowok

Inspirasi
Gue uda mulai ngajar lagi, berarti bisa nyambung hidup lagi.
Alhamdulillah, gue dapet ngajar di keluarga yang gue bilang sangat baik.
Mereka dari golongan orang-orang berada. Yang gue salutin mereka sangat hangat, bersahabat, sangat menghargai orang lain, taat dalam ibadah, dan punya kedisiplinan yang tinggi.

Selesai ngajar Daffa (nama anak yang gue ajar), gue disuruh buka bareng.
Yang ga gue sangka-sangka, begitu mau pulang gue malah disuruh bawa motornya buat pulang (dalam arti dikasih pinjem untuk dijaga). Motor scoopy-nya *yaelah pake sebut merk sgala!*, masih baru, mulus katanya sih jarang dipake.

Kalo gue mungkin mikir berkali-kali buat minjemin motor ke orang yang baru dikenal. Keluarga ini jadi inspirasi sekali buat gue. Gue semakin meyakini pemikiran gue yang seperti ini; Kita harus jadi orang yang sukses, kaya harta duniawi, kaya hati. Kalo gak kaya, ibadah bakal terhambat. Mau sedekah ga bisa, naik haji ga bisa!

Bayangin kalo kita kaya. Kita dengan sangat mudah menolong orang-orang yang kesulitan harta, ibadah mudah karena pemenuhan terhadap kebutuhan sudah tercukupi.
 “Cari temen yang banyak, cari duit yang banyak, kalo udah kaya bagi-bagi ama temen”, indah rasanya kalo kita hidup seperti ini.
Gue masih inget akan sebuah keterangan yang mengatakan :”Kemiskinan mendekatkan diri kepada kekufuran

Mari kita lihat hidup orang-orang miskin, apalagi kalo miskinnya terstruktur. Jangankan buat beribadah, untuk mencukupi kebutuhan primer seperti makan sehari-hari aja, kata mereka susahnya minta ampun. Ga jarang terdengar istilah “Nyari yang haram aja susah, apalagi yang halal”. Sungguh pemikiran yang picik.

Yang bikin seneng
WARNING! Ini cerita diambil dari kisah nyata dengan kelebayan tingkat tinggi, tapi tidak menyimpang dari kebenaran yang terjadi.
(gue berharap tulisan gue dibawah ini tidak sampai terbaca oleh yang bersangkutan. *Dodol ngapain juga gue posting!!! >.<*)

Pasti seneng rasanya kalo kita dapet kabar, atau sekedar sapaan dari orang yang kita suka. Setuju la ya ama gue??!
Hari ini ga ada hujan, ga ada angin, tiba-tiba demenan gue nginbox nanya kabar dan bla bla bla lainnya.
Huaaa... Spontan badan gue ngerespon, langsung ngerasa demam alias panas dingin. Aneh yah?!

Awalnya sih gue iseng dan bercanda. Kepancing terus makin penasaran, tertarik, suka, tambah penasaran dan terakhir addict! Fase-fase tersebut sukses gue lewatin sampai level akhir.

Menurut teori kalo kita lagi seneng karena ada trigger, tubuh kita bakal ngeluarin yang namanya dopamin. Efek dari dopamin sungguh dahsyat. Badan gue yang lagi kurang fit, dalam waktu sekejap bisa langsung segar bugar. Ajaib!

Yang bikin suram
“Man, lo tau apa itu sakit ati?? Lo tau belati?? Kalo golok??! Arggghht!”

Tiba-tiba seperti ada geledek yang menyambar-nyambar hati gue, mood gue turun drastis!
Padahal sebelumnya gue lagi asyik mention-mentionan di twitter dan merasakan seneng setengah mampus. Sempet juga cari-cari jejak rekam gue ama dia. *Halaahh, apa ini?*

Sampai pada akhirnya mentionan gue di bales ama si anis. Singkat, padat dan sadis! *Sumpah lo gak ngerti yah perasaan orang digituin kayak gimana??*
Isinya gue rahasiakan, tapi kalo penasaran ubek-ubek aja twitan gue, kali aja dapet pencerahan dari situ. Haha

Efek dari baca twitan itu apa??
Speechless, nyelekit di hati, gairah hidup runtuh seketika, galau setengah mampus, emosi memuncak dan sukses bikin gue ga bisa tidur!
Ternyata kegembiraan yang muncul dari angan-angan alias semu ini, hanya dapat dirasakan dalam waktu beberapa jam saja. Setelah itu harus dibayar dengan kegalauan tingkat dewa. Ini adalah puncak dari segala kegalauan yang pernah gue rasakan. *Lebay, tapi memang begini apa adanya*
Fans tetaplah fans, dia mungkin mengagumi kita, tapi belum tentu bisa diperlakukan layaknya ehemm..... *sok ngartis banget deh!*
Sebaiknya gue nyari yang laen atau memilih menjadi sosok yang ada di lagunya “the script – the man who can’t be move”.
Kalo lagi galau, gue tonton berulang-ulang pidio klipnya sambil ngebatin!

Gue jadi males buka twitter, besok gue gamau ngetwit sepatah katapun!
Dulu gue pernah merasakan tiap buka twitter ada dopamin yang keluar, *ser-seran gimana gitu*, tapi sekarang ini gue ngerasa parno sendiri.

Sebelum terjadi kegalauan ini, secara gak sengaja gue baca twitan temen gue yang isinya:  “Orang yang banyak berharap, pasti bakalan banyak kecewa.” Kurang lebih tulisannya kayak gitu. *agak lupa juga soalnya*. Tanda-tanda nih! Dan beberapa menit setelah itu terbukti!

Pencerahan
Tadinya gue udah matiin lepi mau tidur, udah jam 11 malem juga takut telat ga bisa sahur, tapi apa daya gue ga bisa tidur. Sebelumnya si anis ngajakin YM-an buat mengklarifikasi hal genting ini. Tapi gue uda keburu males. BYE!
Sampai akhirnya gue inisiatif, nyalain lepi lagi, gue abadikan semuanya dalam tulisan.
Pas gue lagi nulis, gue terhibur dengan sebuat twit yang muncul dari TweetDeck “Tuhan jauh lebih besar dari masalahmu. Don't be afraid. Just rely on God
Oiya, hampir aja lupa, gue masih punya Tuhan untuk tempat berkeluh kesah. “Oh Lord! Save me...Amin
Harus gue relakan mungkin.
 “Merelakan bukan berarti menyerah, namun lebih kepada menyadari dan menerima bahwa ada hal-hal yang tidak dapat dipaksakan

Kebodohanpun terjadi lagi
Sempet kelabakan juga nyari konci motor yang gue ceritain di atas. Udah gue ubek-ubek isi tas gue, gue bolak-balik spot-spot yang udah gue singgahin dalem rumah. Ahh..So damn! Gak ketemu-ketemu. Panik dicampur rasa was-was, menambah penderitaan gue malem ini.
Gue menerawang, akhirnya ketemu juga di atas meja ketutupan peci! Sekali lagi, DI ATAS MEJA KETUTUPAN PECI! Fiuuhhhh!!

Semoga postingan gue ini ga dibaca oleh orang yang salah. Ahaha


0 komentar:

Posting Komentar